Blog

potonglah-kuku

Potonglah Kuku

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Ada lima macam fitrah , yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258) Kalau kuku ini tidak bersih, maka makan pun jadi tidak bersih dikarenakan kotoran yang ada di bawah kuku. Begitu pula dalam bersuci… Read more »

Belajar Di Waktu Pagi

Belajar Di Waktu Pagi

Ada keutamaan belajar di waktu pagi terutama ba’da Shalat Shubuh, yaitu mengkaji Al-Qur’an atau ilmu lainnya. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para… Read more »

tak-akan-tertukar

Tak Akan Tertukar

Jodoh termasuk rezeki dari Allah, dan penetapannya merupakan bagian dari takdir Allah. Takdir makhluk yang berada di Al-Lauh Al-Mahfuzh sana tidak akan pernah bisa berubah. Oleh karena itu, kalau memang sudah ditakdirkan untuk berjodoh, meskipun terpisah jarak dan waktu, pada akhirnya akan dipertemukan dan dipersatukan juga dengan tali pernikahan. Jodoh tak kan lari ke mana…. Read more »

kesabaran-dalam-iman

Kesabaran Dalam Iman

Ali bin Abi Thalib berkata : Kesabaran dalam iman itu bagaikan kepala pada jasad, mungkinkah jasad akan hidup tanpa kepala?? Demikian pula iman, butuh kesabaran. Ia memberi nutrisi hati tuk mentaati ilahi. Namun sabar itu mudah tuk diucapkan, tetapi sulit.. Panas.. Dan berat.. Ketika iman berkata : tujuan hidupku mencari keridlaan ar Rahman. Kehidupan dunia… Read more »

tanya-jawab

Nasehat

Jawaban : Kita memohon kepada Allah hidayah untuk kami dan untukmu. Jalan menuju keinginan ini ialah dengan membaca al-Qur’an dan merenungkannya. Sebab, Allah berfirman tentang al-Qur’an, “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Rabbmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Yunus: 57). Kemudian membaca… Read more »

berdagang-saat-pagi

Berdagang Saat Pagi

Waktu pagi adalah waktu penuh barokah. Sampai-sampai para ulama menghabiskan waktu pagi tersebut untuk berdzikir dan beramal sholeh. Jika tidak berdzikir, maka aktivitas di hari itu bisa jadi tidak bersemangat. Sebagaimana hal ini dibuktikan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah (Lihat Al Wabilush Shoyyib karya Ibnul Qayyim). Barokahnya waktu pagi bisa dimanfaatkan dengan berpagi-pagi dalam berdagang…. Read more »

harta-antara-nikmat-dan-petaka

Harta, Antara Nikmat dan Petaka

Al-Ustadz Fathul Mujib Allah subhanahu wa taala menamai harta yang banyak dengan nama khairan, yaitu kebaikan yang banyak. Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak. (al-Baqarah: 180) Dalam ayat yang lain Allah subhanahu wa taala menjadikan harta sebagai qiyaman, yaitu sarana menegakkan urusan dunia dan… Read more »

Jangan Sembarang Menvonis Seseorang Tidak Mendapatkan Rahmat dan Ampunan Allah

Jangan Sembarang Menvonis Seseorang Tidak Mendapatkan Rahmat dan Ampunan Allah

Jangan memvonis seseorang yang masih hidup itu pasti tidak akan mendapatkan Rahmat dan Ampunan Allah selama-lamanya. Dari Jundab Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam menceritakan bahwa seorang laki-laki berkata: Demi Allah, Allah tidak akan mengampuni fulaan. Allah Taala berfirman: Siapakah yang bersumpah atas NamaKu bahwa Aku tidak akan mengampuni fulaan, sesungguhnya Aku telah mengampuni… Read more »

siapakah-mereka

Siapakah Mereka

Sebagaimana disampaikan oleh Imam Nawawi rahimahullah, para ulama berselisih pendapat dalam menafsirkan mereka yang tertolak dari telaga Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Pendapat pertama: Yang dimaksud adalah orang munafik dan orang yang murtad. Boleh jadi ia dikumpulkan dalam keadaan nampak cahaya bekas wudhu pada muka, kaki dan tangannya. Nabi shallallahu alaihi wa sallam memanggil mereka… Read more »

solusi-bagi-wanita-haidh-untuk-membaca-al-quran

Solusi Bagi Wanita Haidh Untuk Membaca Al Quran

Bagaimana solusinya untuk wanita haidh agar bisa membaca Al-Quran? Dua solusi yang bisa diberikan: a- Membaca mushaf saat haidh namun tidak menyentuh secara langsung Syaikh Ibnu Baz rahimahullah yang pernah menjabat sebagai Mufti Kerajaan Saudi Arabia berkata, Diperbolehkan bagi wanita haid dan nifas untuk membaca Al-Quran menurut pendapat ulama yang paling kuat. Alasannya, karena tidak… Read more »

Termasuk Keimanan Kepada Allah, Bersabar Atas Segala Ketentuan Allah

Termasuk Keimanan Kepada Allah, Bersabar Atas Segala Ketentuan Allah

Firman Allah Ta’ala Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. [At-Taghbn: 11] Alqaah berkata, Yaitu seseorang, ketika ditimpa oleh musibah, meyakini bahwa hal itu berasal dari sisi Allah maka ia pun ridha dan menerima (takdir-Nya). Dengan bab ini, Penulis ingin menjelaskan kewajiban bersabar atas segala ketentuan (Allah) dan… Read more »

Suami Yang Selingkuh, Apakah Boleh Meminta Cerai

Suami Yang Selingkuh, Apakah Boleh Meminta Cerai?

Tanya: Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh. Ustadz saya punya suami yg suka selingkuh bagaimana cara mengingatkannya berulangkali saya membaca sms selingkuhannya di HP-nya. Tetapi kalau saya tanya suami tdk pernah mau mengaku. Selingkuhannya ganti ganti kalau yg satu sdh ketahuan terus ganti yg lain. Meskipun kadar selingkuhnya cuman SMS-an, namun dulu pernah sering ketemuan di rumah makan… Read more »

Kebahagiaan Itu Dari Hatimu

Kebahagiaan Itu Dari Hatimu

Banyak orang mencari kebahagiaan di luar dirinya, bahkan mencari kebahagiaan di tempat-tempat kemaksiatan, ke diskotik, ke konser musik, atau lokalisasi, atau tempat hiburan lainnya. Sungguh mereka sudah tersesat terlalu jauh dari tempat tujuan kebahagiaan, pertama mereka mencari di luar dirinya, kedua mereka mencari pada sesuatu yang diharamkan. Sebenarnya kebahagiaan itu berasal dari dirimu sendiri, sangat… Read more »

mengganggu-dan-mencaci-kaum-muslimin

Mengganggu dan Mencaci Kaum Muslimin

Di antara bentuk gangguan terhadap kaum muslimin: tajassus (mencari-cari kesalahan saudaranya), merendahkan, mengejek, ghibah (menceritakan aib saudaranya), mengumpat, memaki, menyakiti tetangga, dan memfitnah. Allah Taala berfirman (yang artinya), dan janganlah kalian mencari-cari keburukan dan janganlah menggunjingkan satu sama lain (QS. Al-Hujurat: 12) “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela” (QS. Al-Humazah: 1) Hai orang-orang yang beriman,… Read more »

Jangan Jadi Bangkai Yang Berjalan Di Atas Muka Bumi

Jangan Jadi Bangkai Yang Berjalan Di Atas Muka Bumi

Kehidupan dunia teramat memikat bagi kebanyakan insan, banyak yg silau dengan keindahannya hingga melalaikan mereka dari mengingat (berdzikir) kepada Allah, padahal Allah Maha Baik terhadap manusia. Dalam banyak ayat-Nya, Dia menyuruh manusia utk senantiasa berzikir kepada-Nya. Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kalian kepada Allah dengan banyak (QS. Al-Ahzab: 41) Dia pun menyiapkan ampunan & menyiapkan… Read more »

Merubah Patok Tanah

Merubah Patok Tanah

Jika telah hilang rasa takut kepada Allah, maka kekuatan dan kelihaian menjadi bencana bagi pemiliknya. Ia akan menggunakan anugerah itu untuk berbuat zhalim, misalnya dengan menguasai harta orang lain. Termasuk di dalamnya merampas tanah milik orang lain. Ancaman buat orang yang melakukan hal tersebut sungguh amat keras sekali. Dalam hadits marfu dari Abdullah bin Umar… Read more »

Membiarkan Perbuatan Keji Istrinya (Keluarganya)

Membiarkan Perbuatan Keji Istrinya (Keluarganya)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Ada tiga golongan manusia yang tidak akan dilihat oleh Allah (dengan pandangan kasih sayang) pada hari kiamat nanti, yaitu: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki, dan ad-dayyuts (HR. An-Nasa-i & Ahmad) Adapun maksud ad dayyuts sebagaimana disebutkan dalam Al Mujam Al Wasith adalah para… Read more »

Musuhmu

Musuhmu

Memiliki satu musuh sudah sangat banyak Mempunyai seribu sohib masihlah kurang, itulah pesan salah seorang ulama! Biasanya seorang yang memiliki musuh  akan berusaha untuk menyakiti musuhnya Kecuali syetan banyak dari kita yang telah mengetahui bahwa dia adalah musuh kita, tapi malah berkawan dan bersahabat dengannya Bahkan melakukan hal-hal yang menyenangkan syaitan Padahal Allah telah mengingatkan:… Read more »

Adab Bergaul

Adab Bergaul

Islam memerintahkan supaya mencari teman bergaul yang baik, bergaullah dengan mukmin dan hindarilah bergaul dengan orang fasik. Dari Abu Said Al Khudri radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Janganlah engkau bergaul kecuali dengan seorang mukmin. Janganlah memakan makananmu melainkan orang bertakwa. (HR. Abu Daud no. 4832 dan Tirmidzi no. 2395…. Read more »

Nasehat Berharga Untuk Istri Mukminah

Nasehat Berharga Untuk Istri Mukminah

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh Bismillaahirrahmaanirrahiim Engkau wahai istri mukminah ! Apa ruginya jika engkau menyambut suami dengan wajah ceria dan penuh senyum? Beratkah bagimu untuk menghapus debu di wajah suamimu, di kepalanya, di pakaiannya, lalu menciumnya? Kupikir engkau tidak akan capai bila cuma menunggu saat ia masuk dan tidak duduk hingga ia duduk. Kukira tidak sulit… Read more »

Ibu

Ibu

PERNAHKAH KITA MENGUKUR SEPANJANG APA KASIH DAN CINTA SEORANG IBU??? PERNAHKAH KITA MENIMBANG SEBERAT APA CINTA NYA??? PERNAHKAH KITA MERENUNG SETULUS APA KASIHNYA??? Atau setelah kita dewasa Setelah kita bisa berjalan, bisa berlari, Bisa bekerja mencari hidup Memiliki pasangan hidup Setelah kita tidak butuh lagi dengan suapannya Dengan gandengan tangannya Dengan pelukannya Dengan dekapannya Dengan… Read more »

Untuk Yang Sedang Lelah dan Hilang Arah

Untuk Yang Sedang Lelah dan Hilang Arah

Hidup ini adalah PERJALANAN PANJANG, dan sebagaimana sabda Nabi -shollallohu alaihi wasallam-: Perjalanan panjang adalah potongan dari azab. [HR. Bukhori dan Muslim] Sehingga wajar bila di tengah perjalanan itu akan banyak cobaan, musibah, rintangan, hilang arah, lelah, bingung, dan seterusnya. Oleh karenanya, bila Anda merasa bingung, lelah, tidak punya arah maka berhentilah sejenak, istirahatkan diri,… Read more »

Lari Dari Medan Perang

Lari Dari Medan Perang

Berharap bertemu musuh merupakan hal terlarang bagi kaum Muslimin, oleh karena itu hendaklah mereka selalu memohon kepada Allh Azza wa Jalla agar diselamatkan darinya. Namun jika kaum Muslimin ditakdirkan bertemu musuh, maka ia wajib bersabar dan tidak boleh lari dari medan perang. Raslullh Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Wahai manusia, janganlah kamu mengharapkan bertemu musuh,… Read more »

Adab Bercanda

Adab Bercanda

JANGAN MENGOLOK-NGOLOK ALLAH, RASUL-NYA, DAN SYARIAT-NYA Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab,Sesungguhnya kami hanyalah bersendau gurau dan bermain-main saja. Katakanlah apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan rasul-Nya kamu selalu berolok-olok? Tidak usah kamu meminta maaf, karena engkau telah kafir sesudah beriman (QS. At-Taubah: 65-66) JANGAN MENAKUTI-NAKUTI,… Read more »

Memberontak & Mengkafirkan Karena Dosa Besar

Memberontak & Mengkafirkan Karena Dosa Besar

Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam bersabda: Wajib atas seorang muslim untuk mendengar dan taat (kepada penguasa/umaraa) pada apa-apa yang ia sukai atau ia benci, kecuali apabila penguasa itu menyuruh untuk berbuat kemaksiatan. Apabila ia menyuruh untuk berbuat maksiat, maka tidak boleh mendengar dan tidak boleh taat (HR. Bukhari-Muslim) Bila kita mendapatkan penguasa melakukan kemaksiatan, maka… Read more »

Dai Penyeru Ke Neraka Jahannam

Dai Penyeru Ke Neraka Jahannam

Dari Hudzaifah bin Al-Yaman Radhiyalahu anhu beliau berkata : Dahulu manusia bertanya kepada Rasulullah tentang hal-hal yang baik tapi aku bertanya kepada beliau tentang hal-hal yang buruk agar jangan sampai menimpaku Aku bertanya : Wahai Rasulullah, dahulu kami berada dalam keadaan jahiliyah dan kejelekan lalu Allah mendatangkan kebaikan (Islam,-pent) ini, apakah setelah kebaikan ini akan… Read more »

Makna Sebuah Ujian

Makna Sebuah Ujian

Cara Allah mencintai hambaNya, salah satunya adalah memberikan ujian sesuai dengan porsinya.. Porsi setiap hamba tentunya berbeda disesuaikan dengan kapasitasnya dan kadar keimanannya.. Tentunya di setiap soal selalu dibuat pula kunci jawabannya.. Allah yang memberikan masalah..Allah pula yang akan memberikan jawabannya.. Maka sebelum mencari jawaban permasalahan..”carilah” Allah sebagai pemegang kunci jawaban.. Sekali sekali Allah tidak… Read more »

Disaat Aku Galau

Disaat Aku Galau

Sobat! Selama mengarungi lautan kehidupan, kita pasti pernah merasakan saat saat galau. Batin kita ingin menjerit sekeras kerasnya, namun di saat yang sama kita malu untuk meluapkannya melalui lisan. Semakin kita berusaha memendam kegalauan, semakin pula kita merasakan penderitaan dan kepedihan. Di kala seperti ini, kita sangat menantikan ada orang yang siap dengan setia dan… Read more »