Menyambut Ramadhan (Gembira Menyambut Ramadhan)

KAJIAN 1

GEMBIRA MENYAMBUT DATANGNYA RAMADHAN

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling utama dalam setahun. Karena pada bulan tersebut Allah subhanahu wa ta’ala menjadikan amalan puasa sebagai suatu kewajiban dan menjadikannya sebagai salah satu rukun Islam yaitu rukun Islam yang keempat. Umat islam pada bulan tersebut disyariatkan untuk menghidupkannya dengan berbagai amalan.

Mengenai wajibnya puasa Ramadhan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ ، وَحَجِّ البَيْتِ

Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan menunaikan haji ke Baitullah.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 8 dalam Al Iman, Bab “Islam dibangun atas lima perkara”, dan Muslim no. 16 dalam Al Imam, Bab  “Rukun-rukun Islam”)

Nabi ‘alaihimush shalaatu was salaam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melakukan puasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 2014  dalam Shalat Tarawih, Bab “Keutamaan Lailatul Qadr”, dan Muslim no. 760 dalam Shalat Musafir dan Qasharnya, Bab  “Motivasi Qiyam Ramadhan”)

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menyampaikan kabar gembira kepada kaum muslimin ketika datang Bulan Ramadhan. Beliau menyampaikan,

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan puasa kepada kalian di dalamnya….” *(HR. Ahmad 7148)*

Ini adalah kabar bahagia dan ucapan selamat Nabi kepada para Shahabatnya, bahwa mereka telah memasuki bulan Ramadhan.

Ramadhan adalah musim yang mulia untuk mendekatkan diri kepada Allah, untuk muhasabah diri, menegakkan ketaatan kepada Allah dan menjauhi segala macam laranganNya.

Ucapan Nabi diatas juga menggerakkan hati untuk merasakan nilai dan kedudukan bulan Ramadhan yang teramat tinggi. Yaitu hendaknya kalian bergembira dan bersiap menyambut kedatangannya dengan sebagus-bagus penyambutan.

Dan hendaknya kalian bersyukur berjumpa dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat, selamat, aman, berislam dan beriman. Diantara bentuk syukur atas nikmat Allah yang besar ini, yaitu dengan bersemangat dan bersungguh-sungguh menghidupkan ramadhan dengan berbagai amal ketaatan dan kebaikan.

(Diringkas dari kitab Wa Ja’a Syahru Ramadhan, Syaikh Abdurrazq bin Abdul Muhsin Al-Badr hafizhahullah)

Oleh : Pusat Buku Sunnah

Dapatkan buku-buku yang lain yang membahas tentang Ramadhan diantaranya :

Paket Buku Saku Ramadhan
Paket Bekal Ramadhan
Fiqih Kesehatan Kontemporer Terkait Puasa dan Ramadhan
Paket Buku Ramadhan Pustaka Muslim 2
Paket Buku Ramadhan Pustaka Muslim

 

Akhmad Danardi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *