Membiarkan Perbuatan Keji Istrinya (Keluarganya)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Ada tiga golongan manusia yang tidak akan dilihat oleh Allah (dengan pandangan kasih sayang) pada hari kiamat nanti, yaitu: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki, dan ad-dayyuts (HR. An-Nasa-i & Ahmad)

Adapun maksud ad dayyuts sebagaimana disebutkan dalam Al Mujam Al Wasith adalah para lelaki yang menjadi pemimpin untuk keluarganya dan ia tidak punya rasa cemburu dan tidak punya rasa malu. Suami itu membiarkan istrinya ataupun keluarganya bermaksiat tanpa mau mengingatkan.

Perbuatan ini termasuk dosa besar yang sangat dimurkai oleh Allah Taala. Sangat wajar perbuatan ini mendapat ancaman keras, jika kita mengamati dampak buruk yang ditimbulkannya. Di samping akan berakibat merusak agama seseorang (menghilangkan atau minimal melemahkan sifat ghirah, kecemburuan karena kebaikan dalam agama), juga akan merusak agama dan akhlak anggota kelurganya (istri dan anak-anaknya), dengan membiarkan atau menuruti keinginan mereka dalam hal-hal yang bertentangan dengan syariat, ini berarti menjerumuskan mereka ke dalam jurang kehancuran.

Karena pentingnya hal ini, Allah Taala mengingatkan secara khusus kewajiban para kepala keluarga ini dalam firman-Nya,

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. (QS At-Tahriim: 6)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Ketahuilah, kalian semua adalah pemimpin dan kalian semua akan dimintai pertanggungjawaban tentang apa yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin (keluarganya) dan dia akan dimintai pertanggungjawaban tentang (perbuatan) mereka. (HR. Bukhari & Muslim)

Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami sebagai penyejuk (pandangan) mata (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

Artikel Pusat Buku Sunnah.

Dapatkan buku-buku yang lain yang membahas tentang Rumah Tangga diantaranya :

Akhmad Danardi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *