Tak Akan Tertukar

Jodoh termasuk rezeki dari Allah, dan penetapannya merupakan bagian dari takdir Allah. Takdir makhluk yang berada di Al-Lauh Al-Mahfuzh sana tidak akan pernah bisa berubah. Oleh karena itu, kalau memang sudah ditakdirkan untuk berjodoh, meskipun terpisah jarak dan waktu, pada akhirnya akan dipertemukan dan dipersatukan juga dengan tali pernikahan. Jodoh tak kan lari ke mana. Tak akan tertukar.

Berdoalah kepada Allah Ta’ala, Untuk meminta padaNYA. Lalu optimislah… Allah Subhanahu Ta’ala dan RasulNya shallallahu alaihi wa sallam menyukai tafa’ul (optimisme) dan membenci tasya’um (pesimisme). Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman, “Aku sesuai dengan persangkaan hambaKu terhadapku.” (HR. Bukhari no. 7405)

Makna sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Allah berfirman, “Aku menurut persangkaan hambaKu terhadapKu.” yakni : Allah mampu berbuat sesuatu (merealisasikan suatu perbuatan) atas dasar persangkaan hambaNya bahwa Allah akan berbuat demikian.” (Fathul Bari, hadits no. 7405)

Salah satu faidah yang terkandung di dalam hadits di atas adalah: anjuran berprasangka baik terhadap Allah, di dalam segala hal termasuk dalam hal keoptimisan bahwa doanya akan terkabul. Bukankah Allah adalah Dzat Yang Maha Kuasa yang bisa mewujudkan doa kita, jika memang Dia menghendakinya? Mewujudkan hal yang demikian adalah mudah bagi Allah.

Satu hal yang pasti, Allah tidak selalu memberikan semua yang kita inginkan, namun Allah akan memberi pilihan terbaikNya dari yang kita perlukan.

Semoga manfa’at

Artikel Pusat Buku Sunnah.

Dapatkan buku-buku yang lain yang membahas tentang Nasehat & Motivasi diantaranya :

Akhmad Danardi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *