Tiga Amalan yang Diberikan Pahala Tanpa Batas

KAJIAN 2

Tiga Amalan yang Diberikan Pahala Tanpa Batas

Diantara bentuk kasih sayang Allah kepada hambaNya adalah setiap amal kebaikan yag dikerjakan hambaNya akan dilipatgandakan pahalanya 10 kali lipat sampai 700 kali lipat.

Sementara diantara bentuk keadilan Allah adalah tidaklah hambaNya melakukan 1 kemaksiatan kecuali hanya ditulis 1 dosa saja. Tidak dilipatgandakan dan tidak dikurangi.

Namun ada 3 amalan yang dibalas dengan pahala tanpa batas. Apa saja amalan tersebut?

1. Puasa (baik puasa wajib maupun puasa sunah)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi. (HR. Muslim no. 1151)

2. Sabar

Allah ta’ala berfirman,

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang diberikan pahala mereka tanpa batas. (QS. Az-Zumar : 10)

3. Mudah Memaafkan

Allah ta’ala berfirman:

Maka barangsiapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya berada diatas tanggungan Allah. (QS. Asy-Syura : 40)

=====

Walhamdulillah, kita berada di bulan Ramadhan yang diwajibkan berpuasa di dalamnya. Sementara amalan Sabar dan Pemaaf juga tecakup dalam Puasa Ramadhan.

Dalam amalan puasa terdapat 3 macam sabar sekaligus, yaitu sabar dalam melakukan ketaatan (yaitu mengerjakan puasa), sabar dalam menjauhi hal-hal yang diharamkan (ketika berpuasa), dan sabar menerima taqdir (berupa menahan diri dari hal yang tidak disenangi seperti lapar, dahaga, dan lemahnya badan).

Dan puasa juga mengajarkan untuk memaafkan sesama dan menahan amarah. Rasullullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Puasa adalah perisai. Maka janganlah berkata kotor dan berbuat bodoh. Dan apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau mencelanya, maka katakanlah aku sedang puasa, ‘aku sedang puasa'”. (HR. Bukhari no 1894)

Saudaraku, bersemangatlah dalam mengerjakan puasa dan menjaga kualitas puasa. Berbahagialah dengan janji Allah akan pahala yang sangat besar didalamnya. Pahala yang didapat dari amalan puasa itu sendiri, dari amalan sabar dan amalan pemaaf.

Oleh : Pusat Buku Sunnah

Dapatkan buku-buku yang lain yang membahas tentang Ramadhan diantaranya :

Paket Buku Saku Ramadhan
Paket Bekal Ramadhan
Fiqih Kesehatan Kontemporer Terkait Puasa dan Ramadhan
Paket Buku Ramadhan Pustaka Muslim 2
Paket Buku Ramadhan Pustaka Muslim

 

Akhmad Danardi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *